Jumat, 08 September 2017

Manfaat Kumis Kucing Untuk Penyakit Diabetes

Orang Indonesia merasa percaya diri saat penyakitnya bisa disembuhkan dengan ramuan tradisional yang berasal dari alam. Dan terbukti, tradisi mengkonsumsi tanaman obat atau rempah-rempah dalam bentuk jamu tradisional masih banyak direalisasikan masyarakat hingga saat ini.

Tujuannya adalah pemeliharaan kesehatan dan kebugaran fisik, pencegahan penyakit, perawatan dan pemulihan kesehatan. Tapi sayang, tidak semua orang menyukai jamu tradisional karena rasanya diidentifikasikan dengan rasa asam dan rasa pahit.

Salah satu penyakit yang dialami penduduk Indonesia adalah diabetes melitus (DM). Di Indonesia, jumlah pasien MD adalah yang terbesar keempat di dunia setelah India, China dan Amerika Serikat. Hasil penelitian kesehatan dasar (Riskesdas) menunjukkan bahwa proporsi penyebab kematian oleh DM pada kelompok usia 45-54 tahun. Upaya yang diperlukan untuk menjaga kesehatan masyarakat, mencegah timbulnya penyakit DM, dan berkontribusi terhadap pencegahan penyakit.

Ramuan tradisional berpotensi untuk dikembangkan menjadi campuran yang tidak hanya memiliki dampak positif pada kebugaran tubuh serta memiliki cita rasa yang bisa diapresiasi oleh konsumen. Salah satu tanaman obat yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai bahan ramuan fungsional ramuan berupa minuman adalah kumis kucing.

Tanaman kumis kucing diketahui memiliki potensi berbagai kemampuan fisiologis aktif dan rasa yang mudah dikombinasi dengan bahan lainnya. Ini adalah Departemen Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, (Fateta IPB), Prof. Dr. C. Hanny Wijaya, M.Agr. membuat pengembangan produk ramuan fungsional berdasarkan kumis kucing.

Prof. Hanny Wijaya mengatakan, kumis kucing adalah ramuan yang selama ini dikenal sebagai nutrisi bagi kesehatan seperti diuretik. Sifat antioksidan tinggi tanaman ini juga didapat. Namun, masalah selera tetap menjadi batasan di hampir semua minuman "ramuan".

Penggunaan beberapa bumbu dan rempah mampu memberikan manfaat kesehatan lebih baik daripada penggunaan kumis kucing tunggal. Rasa, warna dan aroma minuman "herbal" yang dihasilkan lebih baik.

"Minuman ini terbuat dari campuran beberapa ramuan tumbuhan dan herbal yang meninggalkan kumis kucing (60 persen), kayu secang, jahe, temulawak, jeruk nipis, jeruk nipis dan lemon. Minuman ini memiliki kelebihan seperti kandungan antioksidan tinggi, antidiabetes dan peluruh batu ginjal, "kata Prof. Hanny dalam siaran pers yang diterima berita kesehatan.

Produk yang dikembangkan sejak 2007 ini telah mendapat beberapa penghargaan termasuk 101 inovasi di BIC Kemenristek 2009 dan Roosseno Prize bekerja sama dengan Indonesian Species Board di Indonesian Spice Researchers Award Program 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar